Tingginya Debit Hujan Perlu Menjadi Refleksi
Kamis, 23 Januari 2014 | 7:48 WIB

Ekstrimnya cuaca yang terjadi dari penghujung tahun 2013 sampai saat  ini, seperti hujan yang turun di Jawa dan sekitarnya menjadi  sangat perlu kita sadari sebagai sebuah siklus alam yang pasti terjadi dalam peiodisasi waktu. Walaupun periodisasi waktu atas gejala alam ini kita tidak dapat prediksi. Perlunya kesadaran kita ini dimaksudkan untuk mengupayakan kedepan karena dapat dipastikan bahwa rangkaian fenomena alam yang saat dan baru-baru ini terjadi adalah karena salah satunya menyangkut kesadaran dan kepedulian kita atas lingkungan dan kebiasaan hidup yang kita lakuan setiap waktu.

Dengan tulisan singkat ini pantaslah kita mencoba mawas diri atas apa yang telah kita lakukan untuk lingkungan dan kehidupan kita, sehingga kita mulai saat ini harusnya berpikir lebih jauh dulu tentang dampaknya pada setiap apa yang kita lakukan atas lingkungan kita. Sebagai contoh kecil adalah masalah sampah, walaupun yang di tangan kita, yang akan kita buang adalah plastik yang kecil, tetapi kalau akan menjadi kebiasaan kita buang sembarangan, dari kumpulan beberapa orang seperti kita akan menjadi sampah yang besar, dan  bis aditebak selanjutnya dan selanjutnya.

Mari kita tumbuhkan pola kebiasaan baru yang akan membuat kita sendiri akan merasakan dampak yang baik bagi masa depan kita.

(andre/hum@s_unika)

Kategori: