Resital Piano – Beethoven, Bach dan Brahms Dimainkan di Unika
Senin, 13 Januari 2014 | 10:48 WIB

Foto-resital-piano

Hye-Won Jo, doktor dari Faculty of Music, Universiti Teknologi MARA, Malaysia, menampilkan kelihaian jemarinya bermain musik klasik di Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Senin (28/10) malam.

Perempuan cantik kelahiran Seoul, Korea Selatan, 26 Oktober itu membawakan tiga komposisi musik klasik karya komposer ternama, yakni Ludwig van Beethoven, Johann Sebastian Bach, dan Johannes Brahms. Ketiga komposisi musik klasik itu, yakni “Chromatic Fantasy and Fugue in D Minor, BMW 903” dari Bach, “Sonata No.21 in C Mayor, Op.53 ‘Waldstein'” dari Beethoven, dan “Sonata No.3, Op.5” dari Brahms. Penampilannya di Unika Soegijapranata itu dalam rangka tur untuk acara “Piano Master Class and Recital Tour” di Asia Tenggara. Sebelum tampil di Semarang, Hye-Won Jo berkesempatan manggung di Yogyakarta.

Sebagaimana pertunjukan musik klasik umumnya, suasana Ruang Seminar Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, tempat pertunjukan musik itu juga tampak hening. Hanya lengkingan irama piano yang terdengar. Para penonton tampak duduk rapi di bangku masing-masing tanpa berucap satu patah kata pun, seperti fokus memandang kelihaian jari jemari pianis cantik itu bermain di antara deretan tuts-tuts piano. Suara tepuk tangan hanya terdengar setiap kali satu lagu selesai dimainkan, diikuti penghormatan yang diberikan Hye-Won Jo kepada penonton sembari berdiri, selebihnya tak ada riuh tepuk tangan dari para penonton.

Menurut Hye, konsernya di Semarang itu merupakan salah satu dari rangkaian perjalanannya di Indonesia, diawali penampilan di Yogyakarta, kemudian Semarang, dan setelah itu ke dua kota di Malaysia.

Perempuan yang enggan menyebutkan usianya itu mengaku sangat tertarik dengan keindahan Indonesia sehingga ingin kembali lagi ke negara ini lain waktu, sekaligus untuk berkolaborasi dengan para musisi lokal.

Dalam penampilannya di Indonesia, termasuk di kampus Unika Soegijapranata, Hye-Won Jo juga tidak melakukan persiapan khusus karena kesibukannya mengajar musik, tetapi dia yakin bisa menampilkan kemampuan terbaiknya.

Ketiga komposisi musik klasik yang dipilihnya kali itu, diakui pianis itu karena ketiganya diciptakan oleh komposer yang namanya berawalan B, yakni Beethoven, Bach, dan Brahms sehingga lebih mudah diingat. (kronik-teo)

Kategori: ,