LIFT FTP, Langkah Pertama Tuk Jadi Pemimpin
Senin, 13 Januari 2014 | 10:27 WIB

FTP punya cerita lain dari pergelaran LKTD tahun ini. Pasalnya, tahun ini LKTD dikemas dalam beragam hal menarik yang terkandung di dalamnya. Untuk tahun ini, nama LKTD yang biasanya dikenal dalam kalangan mahasiswa sebagai Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) tapi untuk tahun ini berbeda. LIFT (Leadership In Food Technology) merupakan nama baru yang diperrkenalkan untuk menggantikan nama dari LKTD yang biasa dikenal.

Stand with L.I.F.E, Be a True Leader”, demikianlah tema dari acara LIFT FTP 2013. Acara ini dilaksanakan dari tanggal 22 hingga 24 November 2013. Acara ini dilaksanakan di Bandungan. Selama 3 hari mental dari para peserta yang bukan hanya angkatan 2013 tapi juga 2012 ditempa. Beragam cara dilakukan oleh panitia agar diperoleh seorang pemimpin yang nantinya punya Visi yang jelas.

Kata LIFE  memiliki makna yaitu menjadi pribadi yang Love, Integrity, Fight dan Excellent. Mencintai diri sendiri kemudian orang lain, perbuatan harus sesuai dengan perkataan, tidak mudah putus asa dan kemudian akhirnya menjadi pribadi yang Excellent, demikianlah makna dari kata LIFE itu sendiri.

“Kebersamaan merupakan hal yang dapat kami resapi dari acara tersebut, juga adanya perasaan satu dalam keluarga FTP” tutur Michael Heryanto yang menjadi salah satu peserta LIFT FTP 2013. Menurut cowok yang juga mahasiswa TP angkatan 2013 ini, banyak hal yang didapat dari acara LIFT ini seperti kebersamaan, perasaan kekeluargaan, kepemimpinan. “Semuanya ini berguna bagi kami semua terkhususnya saya sendiri” tutur cowok yang biasa disapa Mekel ini. Ketika ditanyakan tentang kesan dari acara ini, dengan santainya beliau menjawab dengan senyum khasnya sambil berkata “Good”.

“Tujuan dari LIFT sendiri adalah menciptakan kader-kader pemimpin yang baru khususnya dalam lingkup FTP. Serta dapat menimbulkan sikap kepemimpinan dan tanggung jawab dalam setiap pribadi. Pribadi ini diharapkan mampu menjadi “Virus” sehingga mampu menularkan kepada yang lain.” Demikianlah yang dapat dikutip dari Riko selaku panitia acara LIFT dalam wawancaranya. Untuk persiapan acara sendiri, dipersiapkan secara matang. Mulai dari perlengkapan, hingga sampai pada materi yang akan dibawakan.

“LIFT sangat membantu dalam membina komunikasi, tanggung jawab serta rasa kekeluargaan diantara individu”, tutur cowok TP angkatan 2011 tersebut. Dengan menghadirkan konsep baru dalam LIFT ini, kegiatan berjalan dengan lancer serta nilai-nilai yang disampaikan diterima baik oleh peserta LIFT. “Harapannya, LIFT selanjutnya ada konsep baru yang dihadirkan dan dikemas sebagus mungkin agar kedepannya diperoleh para pemimpin yang baik dan puny semangat kekeluargaan dalam kepemimpinan” demikianlah yang dikutip dari Riko selaku panitia acara LIFT 2013 ini. (Wisnu)

 

Kategori: