Google Dukung Mahasiswa Unika
Selasa, 21 Januari 2014 | 10:10 WIB

Klik untuk memperbesar berita Google Dukung Mahasiswa Unika

SEMARANG, suaramerdeka.com – Semakin pentingnya teknologi bagi masyarakat, terutama dalam dunia pendidikan menjadikan keberadaan e-mail atau surel semakin penting dan menjadi sebuah kebutuhan. Informasi akademik, baik dari universitas maupun dari pemerintah menjadi semakin mudah ketika didistribusikan melalui surel. Namun kapasitas yang disediakan harus memadai dengan tingkat reliabilitas yang tinggi.

Hal tersebut yang melatarbelakangi penyediaan email @student.unika.ac.id bagi mahasiswa yang didukung oleh raksasa teknologi dunia, Google. Dukungan atas teknologi email terhadap seluruh mahasiswa ini diberikan oleh Google secara penuh dengan membebaskan Unika Soegijapranata dari pembiayaan apapun.

Dr. Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor bidang Akademik yang juga dosen program studi Sistem Informasi, Senin (20/1) menyatakan pembebasan biaya tersebut bukan hanya pada penggunaan rutin saja, tetapi bahkan sejak dari awal penyediaan fasilitas ini.

Dukungan penuh ini merupakan penghargaan dan pengakuan Google kepada Unika Soegijapranata sebagai mitra dalam bidang pendidikan. Google selama ini memang telah dikenal sebagai perusahaan teknologi dengan kepedulian yang besar terhadap dunia pendidikan internasional.

Dengan kapasitas penyimpanan yang mencapai 30 GB, mahasiswa akan dimudahkan dalam menerima berbagai informasi rutin dari universitas, tugas-tugas kuliah, maupun kebutuhan lainnya dalam proses pembelajaran.

Ridwan juga menyampaikan bahwa layanan yang bisa digunakan mulai awal tahun 2014 ini selain email, ada pula fasilitas lain seperti ruang penyimpanan online dan fitur chating yang menghubungkan mahasiswa, staf, dan dosen juga dapat dimanfaatkan dalam mendukung proses pembelajaran di Unika.

Bahkan untuk kebutuhan internal, email mahasiswa @student.unika.ac.id juga dapat menjadi akses masuk ke Sistem Informasi Akademik yang telah terbangun saat ini. Sehingga mahasiswa cukup mengelola password hanya dari satu akun saja.

Hal tersebut akan semakin memudahkan mahasiswa karena hanya dengan cukup satu kali login saja, bisa mengakses semua layanan akademik di Unika. Pemanfaatan teknologi yang memudahkan dan terkoneksi satu sama lain ini sejalan dengan peran program studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika di dalam Unika Soegijapranata. (Setiawan Hendra Kelana / CN38 / SMNetwork)

Sumber: Suara Merdeka Online

Kategori: