Forum Doktor Unika Siap Sumbang Pemikiran
Sabtu, 18 Januari 2014 | 8:59 WIB

Klik untuk memperbesar berita Forum Doktor Unika Siap Sumbang Pemikiran

SEMARANG – Forum Doktor Unika Soegijapranata mengakui kesiapannya mewarnai derap pembangunan berbagai bidang di Jawa Tengah. Forum yang beranggotakan cendekiawan lintas disiplin ilmu itu berinisiatif memberikan sumbang saran demi kemajuan provinsi ini. Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Unika Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Dr Marcella, saat mengunjungi Kantor Redaksi Suara Merdeka, di Jalan Raya Kaligawe, Jumat (17/1).

”Forum Doktor Unika mencakup keanggotaan 42 pakar yang telah menyelesaikan studi S-3, baik di dalam maupun luar negeri. Pemikiran para doktor diharapkan bermanfaat besar untuk mendorong kemajuan di Jateng,” tuturnya.

Forum doktor sekaligus telah menghasilkan sebuah karya. Bentuknya berupa buku yang dipersembahkan kepada Gubernur terpilih Ganjar Pranowo.  Buku berisi mozaik ide dan gagasan para pakar diharapkan menjadi pedoman membangun Jateng lebih hebat. Anggota Forum Doktor Dr Octavianus Digdo Hartomo mengemukakan, peran media sangat  besar dalam rangka bersinergi membangun Jawa Tengah. Harian Umum Suara Merdeka sebagai media terbesar di Jateng akan menjadi mitra strategis Forum Doktor Unika memberikan sumbang saran kemajuan daerah ini.

Para cendikiawan diterima Pemimpin Redaksi Amir Machmud NS dan Wakil Pemimpin Redaksi Gunawan Permadi di ruang rapat redaksi lantai 2. Hadir juga Sekretaris Redaksi Eko Hari Mujiharto, Redaktur Senior Haryanto Bagas Pratomo, Redaktur Wacana Cocong Arief P, Kepala Biro Kota Semarang Edi Indarto, dan Redaktur Foto Simon Dodit.

Kerja Sama Media

Tak sebatas membicarakan partisipasi untuk kemajuan negeri ini, pertemuan dengan dewan redaksi juga  membahas kerja sama berkelanjutan Suara Merdeka dan Unika Soegijapranata. Kerja sama media dipandang penting untuk mempublikasikan banyak agenda akademik, mulai perkuliahan, penelitian hingga pengabdian masyarakat.

”Saya bahkan sudah merasakan manfaat publikasi di Harian Suara Merdeka. Berkat publikasi itu, hasil penelitian kami bisa direspons masyarakat dengan baik,” kata Dr Christiana Retnaningsih, anggota Forum Doktor Unika lainnya.

Dosen Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian tersebut menilai dampak pemberitaan media sangat positif. Pemred Amir Machmud pun mengaku respek dengan keberadaan Forum Doktor Unika, karena tidak semua PT berkeinginan membentuk wadah pakar dan cendekiawan . Eksistensi mereka sekaligus akan bermanfaat meningkatkan citra Unika sebagai PTS yang memiliki kepedulian atas nasib bangsa dan negara.  Amir mendukung penuh kiprah yang terwadahi dalam majelis pakar tersebut guna menyuarakan nilai-nilai dan kebenaran di masyarakat. (H41-75)

Sumber: Suara Merdeka

Kategori: ,